Senin, 19 November 2012

TEMA 1. PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL di INDONESIA



PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL di INDONESIA 

Bagaimana pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap perkembangan sosial di Indonesia ?
Pertumbuhan dan perkembangan penduduk dipengaruhi oleh perubahan sosial. Perubahan sosial adalah perubahan unsur-unsur sosial dalam masyarakat sehingga terbentuk tata kehidupan sosial yang baru. Perubahan sosial dapat berupa perubahan terhadap nilai-nilai sosial, norma-norma, perilaku masyarakat , organisasi atau cara hidup masyarakatnya itu sendiri.
Suatu daerah pasti mengalami pertumbuhan penduduk, pertumbuhan penduduk mempengaruhi perkembangan sosial didaerah tersebut yang  akan berubah seiring berjalannya waktu. Terjadi berbagai perubahan dalam masyarakat adalah hal yang wajar karena perubahan-perubahan tersebut dapat dengan cepat menjalar dan diketahui oleh masyarakat lain yang jauh tempatnya berkat adanya teknologi informasi dan komunikasi modern yang canggih. Bentuk perubahan yang terjadi didalam masyarakat pasti berbeda-beda disetiap daerahnya. Ada perubahan sosial yang terjadi secara lambat (seperti evolusi masyarakat tradisional ke modern) , perubahan yang terjadi secara cepat (seperti revolusi industri), perubahan yang pengaruhnya kecil (seperti model pakaian, potongan rambut, dan lainnya) dan perubahan yang pengaruhnya besar (seperti pergaulan anak jaman dahulu dan jaman sekarang).
pertumbuhan penduduk akan selalu dikaitkan dengan tingkat kelahiran, kematian dan perpindahan penduduk atau migrasi. Pertumbuhan penduduk adalah peningkatan atau penurunan jumlah penduduk suatu daerah dari waktu ke waktu. Pertumbuhan penduduk yang minus berarti jumlah penduduk yang ada pada suatu daerah mengalami penurunan yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Pertumbuhan penduduk meningkat jika jumlah kelahiran dan perpindahan penduduk dari luar ke dalam lebih besar dari jumlah kematian dan perpindahan penduduk dari dalam ke luar . Pertumbuhan penduduk yang sangat pesat dapat mempengaruhi perkembangan sosial yang sangat pesat pula. Contohnya bertambahnya penduduk yang sangat cepat dipulau jawa memyebabkan terjadinya perubahan dalam struktur masyarakat, terutama yang menyangkut lembaga-lembaga kemasyarakatan. Pengaruh pertumbuhan penduduk juga berpengaruh terhadap hubungan antara masalah penduduk dengan perkembangan kebudayaan. Karena pada hakekatnya manusia dan kebudayaan merupakan dua konsep yang hanya dapat dibedakan secara teori tetapi dalam kehidupan nyata tidak dapat dipisahkan. Hal ini disebabkan karena kebudayaan merupakan hasil dari adanya masyarakat. Karena menurut saya tidak akan ada budaya jika tidak ada masyarakat yang medukung dan tidak ada satupun masyarakat Indonesia yang tidak memiliki kebudayaan. Semua pasti memiliki kebudayaan berdasarkan daerahnya masing-masing dan yang pasti setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda.
Contoh dari perkembangan kebudayaan adalah penggunaan teknologi baru dan alat-alat yang sudah modern yang digunakan dikehidupan sehari-hari sehingga masyarakat jarang menggunakan cara manual atau menggunakan cara adat kebudayaannya masing-masing. Hampir semua masyarakat di Indonesia sudah mengandalkan teknologi.
Berikut ini adalah faktor-faktor yang menimbulkan terjadinya masalah penduduk dengan perkembangan kebudayaan :
·        Adanya kontak dengan budaya lain, sehingga budaya yang asli sudah terkontaminasi dengan budaya baru
·        Sistem pendidikan formal yang maju
·        Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu
·        Nilai bahwa manusia harus mengikuti setiap perkembangan jaman yang ada
·        Mengikuti gaya atau trend yang kebarat-baratan

Tanggapan saya : jadi perubahan sosial dapat dibedakan dari perubahan kebudayaan. Meskipun demikian secara teori, orang hanya cenderung membedakan perubahan sosial dengan perubahan kebudayaan dari segi pengertian masyarakat dan budaya yang diberikan saja. Karena pada umumnya perubahan sosial lebih menekankan pada perubahan dalam sistem lembaga yang mengatur tingkah laku manusia. Sedangkan perubahan kebudayaan lebih menyangkut pada perubahan sistem nilai dari masyarakat yang bersangkutan.

Sumber :
Neo Quantum – Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IX SMP/MTs , penerbit Suara Media Sejahtera
BSE – Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IX SMP/MTs , penerbit Erlangga

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar